Kamis, 28 April 2016

Sayur labu Pepaya Tumis Santan

Resep sederhana kombinasi buah labu dan pepaya
Sayur adalah salah satu menu wajib yang harus hadir di meja makan keluarga, sayur juga berfungsi sebagai pelengkap gizi yang di butuhkan untuk kesehatan, tersedianya sayur dalam menu makan keluarga menandakan penerapan makanan sehat nan higienis, ahli-ahli gizi juga menyarankan untuk selalu mengkonsumsi beberapa jenis sayuran, seperti sayur kacang panjang, sayur wortel, dan beberapa jenis sayuran lainnya, dan masing-masing jenis sayuran ini punya kandungan yang berbeda-beda.

Seperti dua jenis sayur yang akan saya gunakan untuk membuat resep sajian kali ini, yaitu sayur pepeya dan sayur labu, secara spesifikasi sayuran ini punya kelas yang berbeda, sayur labu yang saya maksudkan disini adalah dari jenis labu kuning yang cukup banyak di budidayakan di Indonesia, labu ini bernama latin Cucurbita moschata, berasal dari amerika latin yang lalu disebarkan oleh perantau eropa dan akhirnya masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu bahan makanan yang sangat bergizi tinggi, kandungan yang terdapat pada sayuran ini di yakini dapat menyembuhkan dan mengobati beberapa penyakit seperti diabetes, kolestrol, darah tinggi, jantungan dan dapat mencegah pertumbuhan  kanker, jadi sejuta manfaat dan faedah dari tanaman sayuran ini sungguh akan terbuang percuma jika kita tidak memanfaatkan dengan benar.

Labu termasuk ke dalam jenis tumbuhan merayap, dapat tumbuh hampir di semua tanah yang ada di dunia termasuk di Indonesia, maka jangan heran kalau buah labu banyak kita jumpai di kebun - kebun pak tani atau di pasar - pasar mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern.

Bagimana dengan sayuran pepaya, sama dengan labu, jenis tanaman ini juga banyak mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan keluarga, maka dari itu sangat di sarankan untuk setiap keluarga sedapat mungkin untuk menamam salah satu dari 2 jenis sayuran ini.

Sama halnya dengan labu, tanaman ini dapat tumbuh di semua media tanah, asal tanah itu subur dan tidak terlalu kering, pastillah tanaman buah pepaya dapat tumbuh, pepaya juga termasuk salah satu tanaman yag banyak di budidayakan, selain rasanya yang manis di saat masak, buah pepaya muda juga dapat di olah menjadi sayuran yang lezat dan di sukai oleh anggota keluarga.

buah labu dan pepaya muda di ramu menjadi sayur nikmat dan lezat

Kali kita berkreasi denghan mengkombinasi buah labu dan pepaya, kita olah menjadi kuliner sayuran yang lezat dan menggugah selera makan, reep ini saya beri nama Sayur Labu Pepaya Tumis Santan.

Bisa dibayangkan kombninasi zat dan kandungan yang terdapat di dalam dua jenis sayuran ini, badan akan lebih sehat dan segar, semua penyakit akan terobati dan tentu saja sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat, rasanya kita akan rugi jika setelah mengetahui khasiat dua tanaman ini, lalu kita tidak optimalkan manfaatnya.

Cara mengolah sayuran ini sebenarnya sudah sangat umum sekali, semua ibu rumah tangga pasti tau cara mengolahnya, hanya saja saya sharing ulang siapa tau saja ada ibu-ibu muda atau calon ibu yang  belum tau persisi bagaimana mengolah sayuran labu dan pepaya menjadi kombinasi kuliner yang lezat, dan tentu saja kalau mau menyebut kreasi resep, beberapa resep yang beredar di internet yang di sharing oleh mereka yang hobi masak.

Tak perlu berlama-lama lagi berikut bahan dan cara membuatnya

Bahan dasar  :

- Buah labu setengah masak, juga setengah muda, pilihan pada setengah masak dan setengah muda karena kalau terlalu masak rasanya manis dan jika terlalu muda tidak berasa juga, selain itu proses untuk mengkupasnya juga tidak terlalu sulit.

- Buah pepaya muda.

 
Bahan bumbu :

- Bawang merah
- Lengkuas.
- Serai.
- Ketumbar.
- Garam.
- Penyedap rasa.
- Santan kelapa secukupnya
- Air bersih secukupnya

Cara membuatnya :

  • Kupas buah labu dan pepaya, buang bijinya dan cuci, setelah itu potong ukuran kotak - kotak kecil, jangan juga terlalu besar karena nanti sulit untuk di makan, lalu rebus hingga setengah lunak. 
  • Lengkuas, serai di memar hingga pipih lalu sisihkan, ketumbar di uleg hingga halus, tetapi kalau tidak mau repot gunakan saja ketumbar siap pakai. 
  • Bawang merah di iris tipis, sisihkan. 
  • Panaskan minyak goreng ke dalam wadah masak berupa panci atau wajan khusus, tumis bawang merah hinga beraroma khas. 
  • Lalu masukan potongan labu dan pepaya yang sudah setengah lunak, tambahkan air bersih sedikit lalu masukan santan aduk dengan rata. 
  • Masukan Lengkuas, serai dan ketumbar halus, dengan aduk terus, biarkan sampai mendidi lalu masukan garam dan penyedap rasa secukupnya. 
  • Angkat dan sajikan.

Selamat mencoba.
Artikel Lain Yang Berkaitan :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By Bamz | Modified By Zulham Efendi | Privacy Policy|Disclaimer|Contact|About